Kamis, 18 April 2013

Penjelasan tentang perkembangan IPTEK terhadap Ilmu Pengetahuan dan Kehidupan Sehari-hari.



MATEMATIKA & ILMU ALAMIAH DASAR

Penjelasan tentang perkembangan IPTEK terhadap Ilmu Pengetahuan dan Kehidupan Sehari-hari.

Perkembangan IPTEK sangatlah berpengaruh dengan terhadap Ilmu Pengetahuan dan Kehidupan sehari-hari dalam kehidupan manusia, karena dalam perkembangan ilmu pengetahuan banyak sekali perbedaan dari masa yang dahulu dengan masa yang sekarang. Seperti contohnya dalam masa yang dahulu yaitu seperti pengerjaan sesuatu yang lebih mudah dengan bantuan-bantuan teknologi yang sudah sangat berkembang di dalam kehidupan ini. Sebagai satu contoh yang paling kita pahami yaitu adalah masuknya globalisasi yang ada pada kehidupan kita sekarang ini yang mengubah pikiran hidup seseorang dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. Pengaruh IPTEK pasti berdampak negatif dan juga berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Yang pertama, dampak positif dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari dengan adanya perkembangan IPTEK. Dampak Positif yang pertama yaitu sesuatu pengerjaan yang lebih mudah dengan adanya teknologi, pengerjaan yang lebih cepat dan tepat waktu, pengerjaan yang lebih efektif dan efisien, pengerjaan yang lebih optimal, dll. Sebagai contoh dalam pengerjaan tugas, menjadi lebih mudah dengan adanya penggunaan laptop yang sudah menyebar dimana saja, dengan adanya aplikasi-aplikasi yang membantu dalam mengerjakan suatu tugas, dengan adanya sistem operasi yang mudah untuk dipahami dalam pemakai perangkat komputer. Perkembangan IPTEK pasti akan berdampak ke dalam semua bidang. Berikut adalah contoh kasus dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari dengan adanya perkembangan IPTEK yang merubah dan mengembangkan pola pikir manusia menjadi lebih maju dan memudahkan mahasiswa. Pada jaman sekarang dalam mengerjakan tugas bukanlah hal yang sulit lagi di dalam kalangan pelajar, karena adanya kemudahan untuk mengakses internet dan kemudahan dalam menggunakan smartphone akibat adanya globalisasi dan modernisasi, tentu saja ini memberi dampak positif dalah kehidupan kita karena pemberian kemudaha untuk googling dan mencari bahan referensi di wikipedia. Tidak seperti orang jaman dahulu yang untuk mengerjakan tugas seperti tugas akhir, PI, dan tugas sehari-hari yang diberikan dosen yang harus pergi ke perpustakaan dan mencari referensi dari tempat itu. Sehingga dalam kehidupan di jaman sekarang ini pengerjaan dapat lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya perkembangan IPTEK sangatlah berdampak ke dalam kehidupan masing-masing orang. Yang Kedua dari dampak positif perkembangan IPTEK yang ada pada ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari: dengan adanya perkembangan membuat ilmu pengetahuan menjadi lebih menarik untuk diselidiki dicari karena kemudahan akses dalam mencari ilmu pengetahuan itu tersebut, sebagai contoh website yang sangat terkenal untuk mencari ilmu pengetahuan adalah Google dan wikipedia, dengan adanya Google dan  Wikipedia, membuat segala sesuatu pengetahuan hanya dapat kita temui dengan satu klik saja dan kita dapat mengetahui apa saja yang terjadi sekarang dan hal terbaru apa saja yang sedang terjadi sekarang, tentu saja hal ini sangat memudahkan setiap orang yang ingin mencari tahu tentang ilmu pengetahuan. Lalu yang ketiga ada, perkembangan alat elektronik yang juga merubah dan mengembangkan pola pikir manusia, di jaman sekarang ini sangat marak dalam penggunaan smartphone,  dengan hanya satu jari kita dapat mengetahui seisi dunia ini, kita dapat mencari tahu apa saja yang ada di dunia dengan alat elektronik yang sangat kecil dan mudah dibawa kemana saja. Lalu yang keempat, adanya perubahan tentang tata sikap dan perilaku, dengan adanya modernisasi dan globalisasi membuat pergeseran sikap dan perilaku dari yang irasional menjadi rasional. Dan yang kelima, tingkat kehidupan yang lebih baik, dengan adanya globalisasi kita menjadi mudah dalam menemukan transportasi dan mudah untuk pergi kemana saja, dari yang dulu hanya menggunakan sepeda dan delman, sekarang kita dapat menggunakan sepeda motor dan mobil untuk bepergian jauh tanpa harus repot mengurusi hal lain, dan juga adanya tingkat efisiensi dengan adanya perkembangan IPTEK.

            Contoh selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam contoh penggunaan komputer yang ada karena adanya dampak dari globalisasi itu sendiri, dari jaman dulu yang hanya menggunakan mesin tik untuk mengetik, sekarang kita dapat menggunakan microsoft word untuk mengetik dan langsung dicetak dengan printer tanpa adanya kerepotan yang harus kita alami dalam menghapus tulisan yang ada pada kertas tersebut.

            Selanjutnya adalah dampak negatif dalam perkembangan IPTEK dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah sikap masa bodoh terhadap orang yang hanya ingin mementingkan diri sendiri dan tidak mementingkan orang lain. Dengan majunya teknologi, semua orang hanya memikirkan bagaimana ia menggunakan suatu teknologi itu tanpa mementingkan bahwa ia sendiri merupakan makhluk sosial, seperti contoh adalah cyber addicted, yang membuat orang hanya mementingkan kehidupan di dunia maya karena kemajuan teknologi yang sangat pesat tersebut. Yang Kedua adalah sikap plagiarisme yang sangat menganggu seseorang dan sangat mengurangi tingkat sumber daya manusia dari seseorang. Sikap plagiarisme adalah sikap yang menjiplak mentah-mentah karya orang lain dan mengakui bahwa karya hasil jiplakan tersebut adalah karyanya sendiri, tentu saja karena adanya globalisasi membuat orang-orang yang melakukan tindak plagiarisme tersebut semakin marak di dalam kalangan apapun, orang yang melakukan tindak plagiarisme adalah orang yang tidak memiliki rasa kreativitas, inovatif dan tidak orisinil, dan biasanya orang yang melakukan kegiatan plagiarisme adalah orang yang tidak memiliki rasa moralitas atau rasa moralitas dari orang tersebut sangat rendah. Sebagai orang yang baik kita seharusnya tidak mencontek/memplagiati karya orang lain dengan kemudahan yang kita dapati, tetapi seharusnya kita membuat suatu karya yang lebih inovasi untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan tidak hanya menjiplak karya dari karya orang lain.


NAMA : ADAM TIRTAPUTRA
KELAS : 1PA09
NPM : 10512115



Tidak ada komentar:

Posting Komentar